Menggunakan Parameter Url Di Search Console, Apakah Itu Aman?

Parameter URL Adalah salahsatu pilihan sajian yang ada di google search console, Mengetahui fungsi juga imbas dari google parameter ialah hal penting sebelum mulai menggunakannya.

Ada beberapa pilihan sajian yang ada di webmaster tool milik google tersebut. Yang fungsinya tidak lain untuk mengoptimalkan blog pada mesin pencari, atau biasa dikenal dengan meningkatkan secara optimal SEO.

Salahsatu fitur search console ialah yang saya sebutkan di awal. Untuk mencari fitur ini silakan pilih sajian Perayapan >> Parameter URL pada halaman search console anda. Lihat pada gambar dan klik untuk memperbesar.

Setelah anda mengikuti sajian di atas dan menentukan "parameter URL" maka akan pribadi terlihat peringatan ibarat pada gambar ini.
Pada laman Bantuan Google sudah di jelaskan bahwa penggunaan parameter URL ditunjukan untuk situs yang mempunyai laman khusus ibarat situs jual beli online misalnya. Sedangkan untuk web pribadi atau yang bersifat individual fitur ini dianggap kurang spesifik dan sanggup besar lengan berkuasa jelek terhadap perayapan halaman blog/web yang kita miliki.

Google Parameter URL sangat sensitif terhadap hurup besar kecil. Makara berhati hatilah dikala anda menambahkan beberapa parameter pada laman webmaster.

Gunakanlah opsi ini jikalau benar benar di perlukan pada situs anda, alasannya ialah jikalau terjadi kesalahan dikala penerapan setting ini kemungkinan tautan tidak akan muncul di pencarian google.

Jika anda sudah mengatur fitur ini di search console dan ternyata memang ada beberapa URL yang tidak terindeks, Anda niscaya resah dan ingin tahu bagaimana cara membatalkan parameter URL.

Sebenarnya parameter URL yang sudah di setting tidak sanggup di batalkan atau di hapus. Tapi ada beberapa cara untuk mengatasinya semoga situs kita terhindar dari imbas jelek yang ditimbulkan.

Makara sebelum menggunakannya sebaiknya berhati - hati dan cari tahu dulu apa fungsi dan dampaknya bagi situs kita. Jangan hingga mengalami hal yang tidak mengenakan ibarat yang terjadi pada blog saya.

Fungsi dari parameter URL ialah mengelompokan beberapa URL berbeda tapi mempunyai konten yang sama kedalam satu kumpulan dan menentukan URL terbaik berdasarkan algoritma untuk mewakili kumpulan dari hasil pencarian.

Dalam hal ini google mengonsolidasi hal-hal yang ada pada kumpulan URL tersebut, contohnya kepopuleran tautan yang tertuju ke URL perwakilan, semoga pada risikonya sanggup meningkatkan akurasi peringkat laman.

Dan untuk URL yang tidak di pilih sebagai kanonis akan di anggap sebagai duplikat konten, tentunya akan di abaikan oleh mesin pencari dan tidak di indeks di laman pencarian google. Dan ini sangat merugian blog anda, apalagi jikalau blog tersebut sudah terdaftar di adsense pastinya penghasilan anda akan turun drastis.

Baca: Cara melihat url yang sudah dan belum di indeks google

Baca juga: Tutorial lengkap daftar adsense full approve dari blogspot

Ada dua macam masalah Duplikat konten.

1. Jika URL duplikat dan kanonis masih dari konten blog itu sendiri. Kasus ini masih sanggup diatasi dengan beberapa cara.

2. URL konten kita yang dianggap duplikat konten dan yang di indeks bukan properti milik kita, alias konten blog lain yang lebih anggun di mata search engine. Untuk masalah ini tentu akan lebih sulit untuk memperbaikinya.

Mari lanjut ke tahap penyelesaian duduk masalah nomor satu.
Pertama coba lihat rujukan masalah berikut:

Contoh

URL berikut mengarah ke konten yang sama:
koleksi celana dengan warna hitam, meskipun beberapa laman ini mungkin dikelola atau difiter dengan sedikit berbeda.

 http://www.example.com/products/men-jeans-black.html

 http://www.example.com/products/men?category=jeans&color=black

 http://example.com/shop/index.php?product_id=32&highlight=black+jeans&cat_id=1&sessionid=123&affid=431

 http://example.com/search/label/jeans

Jika URL http://www.example.com/products/men-jeans-black.html halaman yang ingin di jadikan pilihan untuk di indeks, tapi ternyata search engine menentukan URL lain sebagai kanonis dan mengabaikan link tersebut. Cara mengatasinya ialah sebagai berikut:

1. Menggunakan robot.txt khusus

 Silahkan masuk ke blogger kemudian pilih sajian pengaturan>>preferensi penelusuran kemudian cari robots.txt khusus klik edit dan pilih ya. Isi kotak dengan Kode ini

User-agent: Mediapartners-Google

User-agent: *
Disallow: /search/
Allow: /

Sitemap: https://situsanda.com/sitemap.xml

Ganti "situsanda.com" dengan alamat situs anda Lalu simpan pengaturan.
Setelah itu silahkan masuk ke halaman search console pada sajian pilih perayapan>>penguji robots.txt, masukan kembali instruksi di atas kedalam kolom yang tersedia kemudian kirim.
Lalu masuk ke sajian parameter URL dan setel ulang semua parameter yang sudah di buat.
Silahkan tunggu 1 hingga 2 ahad untuk melihat hasilnya.

2. Menggunakan tag link rel="cannonical"

 Tambahkan tag <link> rel="cannonical" pada susunan Html template dan tempatkan di bawa instruksi <head>
contoh: <link href="http://m.example.com/search/label/jeans" rel="cannonical>
Dan jikalau situs mempunyai versi mobile silahkan tambahkan <link> rel="alternate" ibarat ini <link rel="alternate" media="only screen and (max-width: 640px)"  href="http://m.example.com/search/label/jeans">

Untuk dikala ini mungkin cukup itu saja yang sanggup saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan senantiasa menambah pengetahuan perihal dunia blogging.

Komentar