Cara Memperbaiki Tv Yang Mengeluarkan Desis Disertai Bunyi Ledakan

Pernahkah Anda mengalami kejadian ketika menyalakan pesawat televisi tiba-tiba terdengan bunyi mendesis dan sesekali disertai dengan bunyi ledakan keras? Suara mendesis dan bunyi ledakan tersebut berasal dari kop flyback yang bocor dan alasannya televisi masih dalam keadaan masbodoh dan lembab maka akan terjadi ledakan akhir konsleting antara tegangan tinggi dari flyback dengan lembab yang ada pada tabung CRT.

Walau terkadang televisi masih dapat menyala dengan normal tapi kalau sudah mengeluarkan bunyi mendesis dan ledakan menyerupai itu kalau dibiarkan dapat membahayakan komponen lain menyerupai IC vertikal dan Transistor Horisontal. Bahkan sering insiden akhir percikan api dari ledakan tersebut menyambar komponen sensitif menyerupai IC kegiatan dan IC Osilator karenanya TV jadi rusak parah.

tiba terdengan bunyi mendesis dan sesekali disertai dengan bunyi ledakan keras Cara Memperbaiki TV yang Mengeluarkan Desis Disertai Suara Ledakan

Nah kalau TV Anda mengalami dilema menyerupai yang saya sebutkan di atas, tidak usah khawatir dan tidak usah dibawa ketukang servis. Karena dengan panduan yang akan saya berikan, saya yakin siapapun niscaya dapat memperbaiki dilema tersebut.

Cara memperbaiki TV yang mengeluarkan bunyi mendesis disertai dengan bunyi ledakan

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, kalau penyebabnya yaitu alasannya bocornya kop flyback sehingga tegangan tinggi yang harusnya terserap masuk ke Anoda dan Katoda CRT malah keluar dan menyambar tabung yang dalam kondisi lembab.

Cara memperbaikinya sebagai berikut:
  • Buka epilog belakang pesawat televisi, pastikan televisi sedang dalam keadaan mati.
  • Lepas karet kop flyback yang melekat pada tabung CRT, tapi sebelumnya pastikan tidak ada tegangan sisa, alasannya walau sudah bocor dan terbuang akhir ledakan namun dapat saja masih ada tegangan sisa yang kalau tersentuh tidak mengecewakan dapat menciptakan kaget. Untuk membuangnya dapat dengan cara mengkonsletkannya kabel grounding CRT.
  • Ganti karet kop dengan yang baru, walau masih terlihat manis tapi ada baiknya tetap diganti.
  • Bersihkan lubang tabung CRT jangan hingga ada karat yang tersisa.
  • Lihat kondisi tabung CRT pas dudukan karet kop tersebut, kalau sudah cacat tergores oleh percikan api sebaiknya diamplas dulu hingga higienis kemudian di cat memakai cat kayu atau cat besi juga bisa. Pengecatan sebaiknya dilakukan 2 tahap, tahap pertama untuk meratakan bekas goresan, dan tahap kedua untuk memberi lapisan semoga karet kop flyback tidak eksklusif melekat di  kaca.

tiba terdengan bunyi mendesis dan sesekali disertai dengan bunyi ledakan keras Cara Memperbaiki TV yang Mengeluarkan Desis Disertai Suara Ledakan

  • Setelah cat benar-benar kering kemudian pasang kembali karet kop flyback dan pastikan ujung kawat atau kaleng cakram flybacknya nyangkut dengan baik pada lubang tabung CRT.

tiba terdengan bunyi mendesis dan sesekali disertai dengan bunyi ledakan keras Cara Memperbaiki TV yang Mengeluarkan Desis Disertai Suara Ledakan

  • Setelah karet kop terpasang dengan baik, silahkan coba nyalakan pesawat televis dengan hati-hati, Anda harus siap mencabut colokan listrik apabila masih ada yang bocor.
  • Kalau sudah tidak ada bocor sama sekali, berarti pekerjaan memperbaiki dilema diatas sudah selesai.

Catatan: Kalau masih terdengar bunyi mendesi walau sangat kecil, berarti masih ada bocor, dan ini dihentikan ditolerirl, Anda harus kembali menyelidiki apakah cat kurang rata atau masih ada karat yang melekat pada kaleng yang ada pada lubang CRT, atau karet pengganti kurang bagus.

Demikianlah cara memperbaiki televisi yang mengeluarkan bunyi mendesis disertai dengan bunyi ledakan keras yang diakibatkan oleh kebocoran tegangan tinggi dari flyback.

Baca Juga: 5 Jenis kerusakan televisi yang cara memperbaikinya tidak perlu memakai jasa teknisi.

Komentar

Posting Komentar