5 Macam Resep Obat Batuk Tradisional Ampuh Dan Kondusif Untuk Anak


Anak-anak usia 1 hingga 5 tahun sangatlah rentan terjangkit banyak sekali penyakit menyerupai batuk, demam, flu dan pilek. Dan saat sang anak terjangkit batuk para orang bau tanah terutama ibu akan sangat sedih. Nah, lantaran saking sedihnya inilah sang ibu seringkali tidak berfikir panjang sebelum memperlihatkan obat batuk untuk bawah umur mereka. Terkadang para ibu justru memperlihatkan anak mereka obat batuk atau obat penurun panas yang bahkan tidak direkomendasikan oleh dokter. Padahal, untuk memperlihatkan obat batuk, kita harus tahu apa yang menjadi penyebab batuk pada anak.

Sebelum memperlihatkan obat batuk, kita harus mengerti dulu apa itu batuk? Batuk bukanlah sebuah penyakit, melainkan prosedur pertahanan badan pada jalan masuk pernapasan yang merupakan reaksi badan untuk mengeluarkan benda gila dalam jalan masuk pernapasan menyerupai lendir (dahak), debu, virus, bakteri, sisa makanan, asap, dll.

Ada beberapa macam penyebab batuk, namun umumnya disebabkan lantaran adanya nanah pada jalan masuk pernapasan belahan atas yang merupakan tanda-tanda flu. Alergi, asma dan TBC juga sanggup memicu batuk. Adanya benda gila yang masuk ke dalam jalan masuk pernapasan, tersedak, menghirup asap rokok sanggup juga mengakibatkan batuk.

Sangat Praktis didapatkan, inilah 5 Macam Obat Batuk Tradisional Ampuh Mengatasi Batuk pada Buah Hati Anda!


Anak-anak dilarang diberi sembarangan obat batuk, apalagi yang mengandung antibiotik. Antibiotik bersifat membunuh kuman termasuk kuman baik yang dibutuhkan tubuh. Akibatnya anak jadi lebih gampang terjangkit penyakit lantaran kekebalan tubuhnya menurun. Nah, berikut ini ada beberapa resep obat batuk tradisional untuk anak.

1. Jeruk Nipis dan Madu


Madu merupakan materi masakan berguna dengan kandungan nutrisi yang lengkap. Sementara jeruk nipis bersifat mengatasi radang dan infeksi.

Jika anak Anda terjangkit batuk, siapkan 1,5 sendok makan air perasan jeruk nipis, 4 sendok makan madu murni dan 5 sendok makan air matang. Campurkan semua materi dalam mangkuk kecil kemudian aduk hingga rata. Setelah itu minumkan kepada anak. Berikan minimal 3 kali sehari sebanyak 1 sendok makan. Tidak disarankan untuk anak usia dibawah 1 tahun.

2. Bunga Belimbing Wuluh


Belimbing wuluh merupakan sayuran yang rasanya sangat asam. bentuknya menyerupai mirip ketimun tapi berukuran kecil dan kulitnya tidak sekeras ketimun. Tanyakan di penjual obat tradisional di pasar niscaya tahu. Nah, bunga dari belimbing wuluh ini akan kita gunakan untuk mengobati batuk anak.

Bahan yang dibutuhkan yaitu 1 genggam bunga belimbing wuluh, 1 siung bawang merah, sedikit buah pala, 1 sendok makan gula batu, 1/2 gelas air matang. Potong bawang merah menjadi 4 belahan dan hancurkan buah pala menjadi belahan kecil-kecil kemudian masukkan semua materi dalam mangkok dan ditim selama satu jam. Saring airnya kemudian minumkan pada anak. Dosisnya 3-4 kali sehari satu sendok makan setiap kali minum. Tidak disarankan untuk anak usia dibawah 1 tahun.

3. Kunyit


Selain dipakai sebagai bumbu masak, kunyit juga sanggup kita gunakan untuk mengobati batuk anak. Caranya mudah, potong kunyit yang sudah dicuci bersih, kemudian oleskan pada puting payudara ibu dan biarkan si anak menyusu menyerupai biasa. Atau bagi bayi yang memakai dot, campurkan abu kunyit pada air susu kemudian biarkan ia meminumnya.

4. Kencur


Selain kunyit masih ada bumbu dapur lainnya yang sanggup dijadikan sebagai obat batuk tradisional untuk anak, namanya yaitu kencur. Kencur ini berguna meringankan batuk pada anak.

Caranya, ambil 5 gram kencur, bersihkan dan kemudian diparut. Tambahkan 2 sendok makan air matang, peras airnya kemudian campurkan dengan 1 sendok makan madu murni. Berikan pada anak sebanyak 2-3 kali sehari. Tidak disarankan untuk anak dibawah usia satu tahun.

5. Minyak Telon


Untuk anak usia dibawah 6 bulan paling sempurna jikalau memakai minyak telon untuk mengurangi batuk. Minyak yang dipakai sanggup minyak kayu putih, minyak peppermint, maupun rosemary. Oleskan minyak tersebut pada leher dan dada bayi anda. Ingat jangan terlalu banyak lantaran akan mengakibatkan panas.

Sekali lagi ingat, batuk yaitu reaksi badan untuk mengeluarkan benda gila yang masuk ke dalam jalan masuk pernapasan. Dan itu merupakan hal yang sangat biasa. Begitu juga dengan demam, meningkatnya suhu badan anak merupakan reaksi badan untuk membunuh kuman atau virus yang masuk ke dalam badan dengan panas. Jangan hingga rasa khawatir Anda pada anak justru akan merugikan si anak. Jadilah orang bau tanah yang cerdas dengan cara gampang mengobati batuk dengan Resep Obat Batuk Tradisional diatas.

Sekian..
..dan Terima Kasih, Semoga Bermanfaat!

Komentar