Satuan Kecepatan Transmisi Data Dan Kapasitas Transmisi Data

Satuan Kecepatan Transmisi data dan Kapasitas Transmisi Data- Aspek yang sangat penting dalam komunikasi data pada kecepatan pengiriman data yakni melalui medium transmisi. Faktor yang memainkan tugas penting dalam memilih kecepatan maksimum, antara lain adalah:

- Kualitas jalur transmisi
- Panjang koneksi
- Sifat listrik
- Jenis modem

Kualitas jalur transmisi yang ditunjukkan oleh bandwidth. Bandwidth mengatakan ukuran kapasitas jalur transmisi dinyatakan dalam satuan:
- Baud (Bd) yakni kecepatan modulasi.
- Bit per detik (bps) yakni kecepatan sinyal.
- Karakter per detik (cps) yakni kecepatan transmisi.
Modulasi kecepatan yang terkait kemudian lintas di jalur transmisi. Kecepatan elemen gosip dalam jalan masuk transmisi dinyatakan dalam satuan baud (bd). Pada dasarnya, kecepatan ini mengatakan kecepatan maksimum perubahan kondisi jalur transmisi. Salah satu unsur sama dengan jumlah bit per detik yang sanggup ditularkan di jalan masuk transmisi.

Berikut yakni dua teladan perhitungan kecepatan transmisi:
Terminal standar beroperasi dengan sinyal kecepatan relatif lambat, 110 bps. Kecepatan modem yang dipakai yang dipancarkan setiap bit sebagai salah satu elemen. Oleh sebab itu modulasi kecepatanna yakni 110 baud. Dalam teladan ini, masing-masing huruf terdiri dari 11 bit (7 bit data 1start, 1 bit paritas 2 stop bit), sehingga kecepatan transmisi 110 bps: 11 bit = 10 cps.

Terminal sinkron mempunyai kecepatan sinyal 2400 bps. Sebagai contoh, hal ini diasumsikan bahwa lebar baud tidak memadai untuk mempertahankan kecepatan ini. Oleh sebab itu, modulasi dipakai untuk menggabungkan dua elemen menjadi satu elemen, sehingga diperoleh kecepatan modulasinya 1200 baud. Jika pada transmisi ini, salah satu huruf terdiri dari 8 bit (7 bit data dan 1 parity bit), maka kecepatan transmisi yakni 2400.
BPS: 8 bit = 300 cps.

 Aspek yang sangat penting dalam komunikasi data pada kecepatan pengiriman data yakni mel Satuan Kecepatan Transmisi data dan Kapasitas Transmisi Data
Internet Speed

Kapasitas Jalur Transmisi
Kapasitas jalur transmisi sanggup digolongkan menjadi tiga kelompok, menurut kapasitas, yaitu:

1. Narrowband channel (saluran Subvoice-grade)
kecepatan sinyal pada transmisi baris ini yakni 50 hingga 300 bps. Jenis transmisi perlu biaya rendah instalasi telatif itu, tetapi overhead nya biasanya relatif mahal dengan tingkat kesalahan yang cukup besar.

2. Voiceband jalan masuk (suara kelas saluran)
Kecepatan sinyal pada transmisi baris ini yakni 300 hingga 500 bps. Lini transmisi ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu dial-up (switched jalur) dan jalur langsung (sewa baris). Dial up yakni jalan masuk komunikasi yang diperoleh dengan menggunakan jaringan telepon. Sebelumnya kekerabatan terjadi, dipakai harus mendial nomor telepon kawasan yang dikirim. Sedangkan jalur langsung yakni jalan masuk yang menggunakan jaringan telepon, tetapi menggunakan akomodasi khusus sehingga sanggup dipakai oleh PERUMTEL.

3. Wideband channel
Kecepatan transmisi sinyal pada jenis transmisi sanggup mencapai jutaan bps, ibarat kabel koaksial, microwave dll.

Komentar